Sumedang-Implementasikan perintah KASAD, TNI dari Koramil 1004 Tanjungsari merangkul Mahasiswa UIN Sunan Gunung dan UNPAD menggelar sebuah kegiatan penghijauan yang bertema “Jumat Menanam” yang telah berlangsung dengan sukses di kaki Gunung Manglayang, tepatnya di blok Baru Beureum Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini digelar pada hari Jumat, 14 Juni 2024, mulai pukul 07.30 WIB hingga 10.00 WIB. Luas daerah penanaman sekitar 3 Hektar merupakan lokasi hutan lindung yang selama ini dirambah oleh oknum tidak bertanggung jawab bekas ditanami sayuran dan ditinggalkan begitu saja sehingga saat ini dibawah pengawasan SPTH Dishut JABAR.

Anggota TNI dari Koramil 1004 Tanjungsari dan Polsek Sukasari bersinergi dengan ratusan mahasiswa dari Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan UIN Sunan Gunung Djati (UIN SGD), serta Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, dalam upaya menanam dan memelihara Vegetasi di area tersebut. Inisiatif ini, yang dipimpin oleh UPTD SPTH Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, merupakan salah satu Ikhtiar untuk menjaga kelestarian Gunung Manglayang sebagai Kantong Air, khususnya wilayah bagian timur yang berperan sebagai daerah resapan air penting untuk wilayah Sumedang Barat dan Bandung Timur. Sekitar 5000 pohon tanaman hutan berbagai jenis berhasil ditanam dilokasi tersebut.

Kegiatan ini sejalan dengan amanah Kasad bahwa , “TNI-AD BERSAMA RAKYAT BERSATU DENGAN ALAM UNTUK NKRI”, dengan kegiatan ini menunjukkan komitmen prajurit Kodim 0610 Sumedang untuk bekerja sama dengan masyarakat dan mahasiswa dalam menjaga dan menghijaukan lingkungan.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Bapak Dodit Ardian Pancapana, Dekan Fakultas Dakwah UIN Sunan Gunung Djati, Prof Dr H Enjang AS MSi MAg sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) serta pejabat Forkompimcam setempat. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dan apresiasi dari para mahasiswa, yang menyatakan kebahagiaan mereka dapat berkolaborasi dengan prajurit TNI dan Polri dalam kegiatan penghijauan ini. Kegiatan “Jumat Menanam” ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik untuk pelestarian alam dan lingkungan hidup di sekitar Gunung Manglayang.

Dalam kesempatan tersebut Kapten Inf Agus Hermawan Danramil 1004 Tanjungsari berpesan kepada para Mahasiswa “mahasiswa sebagai Generasi Emas mampu memberikan teladan untuk tetap menjaga alam dan lingkungan supaya lestari sehingga dengan menanam pohon di kaki gunung manglayang berharap akan tumbuh mata air mata air untuk kehidupan masa depan”, Pesannya.