Garut – Polsek Bayongbong Polres Garut cek tkp sebuah musibah kebakaran melanda dua rumah warga di Kampung Manjah Bereum, Desa Cinisti, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Selasa (04/06/2024).

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K., M.Si., melalui Kapolsek Bayongbong Iptu Gopar Suryadi Mulya mengatakan musibah kebakaran itu diduga berasal dari konsleting arus listrik yang menghanguskan rumah semi permanen milik Aang Rukmana (43) dan rumah milik Yana (54), dengan menyebabkan kerugian materi diperkirakan mencapai sekitar Rp. 205.000.000,00.- (dua ratus lima juta rupiah).

Kejadian tersebut bermula ketika Wawan (60), seorang warga setempat melihat adanya api di rumah Aang Rukmana sekitar pukul 14.00 WIB. Saksi segera memberitahu warga sekitar, yang kemudian berbondong-bondong datang untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun, usaha mereka tidak dapat mencegah api dari menyebar dan merambat menghanguskan rumah Yana. Hingga akhirnya Ketua RT setempat berkoordinasi dengan Polsek Bayongbong, anggota pun menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kab. Garut untuk membantu menangani kebakaran hebat tersebut.

Hingga tiga unit mobil damkar pun diterjunkan ke lokasi kejadian, pada sekitar pukul 15.00 WIB api berhasil dipadamkan. Beruntung, atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi yang dialami pemilik rumah diperkirakan mencapai Rp. 205.000.000.-

Selain membantu memadamkan api Polsek Bayongbong juga turut serta membantu memberikan pertolongan kepada korban. “Semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk lebih waspada terhadap risiko kebakaran, terutama yang berkaitan dengan instalasi listrik.” Tandas Gopar.