Karawang, Jabar РKepala Kepolisian Resor Karawang AKBP Wirdhanto Hadicakono  beserta Bupati Kab. Karawang Bapak H. Aep Syaefuloh resmikan Monumen Keselamatan Kab Karawang di Monumen Keselamatan Jl. Tuparev Kec. Karawang Barat Kab. Karawang. Selasa (28/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD, Dandim 0604 Karawang diwakilkan oleh Kasdim 0604 karawang Mayor Inf Jaja J. Kajari di wakilkan oleh kasi pidum beserta Dansubdenpom Karawang beserta Para Kepala Dinas dan intansi terkait Kadishub Kab. Karawang, Muspika Kec. Karawang Barat, PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Karawang.

Dalam sambutannya Kapolres Karawang menyampaikan tujuan dibangunnya Monumen Keselamatan Kab Karawang dimana Polres Karawang berkolaborasi dengan instansi terkait menginisiasi membangun monumen keselamatan ini.

“Latar belakang membangun  sebuah monumen keselamatan di Kab Karawang ini, yang pertama bahwa data kecelakaan lalu lintas yang ada di Kab Karawang, baik dari jalur tol, non tol, termasuk jalur kereta api itu cukup tinggi, hal ini berdasarkan data bahwa diantara beberapa wilayah Kabupaten se Jawa barat , Kab Karawang memiliki urutan 2 tertinggi se Jabar, jelasnya.

Diketahui diwilayah Kab Karawang ada  21 perlintasan sebidang kereta api  yang melalui jalur perkotaan baik resmi atau sifatnya swadaya maupun yang tidak ada penjagaan, dan selama tahun 2024 ini sudah ada 12 yang  korban meninggal dunia akibat kecelakaan Kereta. tambahnya.

Dan atas dasar latar belakang tersebut,  kami berinisiasi berkolaborasi dengan instansi terkait diantaranya Jasaraharja, KAI, Pemerintah daerah menginisiasi membangun sebuah monumen keselamatan ini dalam rangka untuk memberikan nilai tambah, aset yang tidak terlihat yang harusnya dimiliki masyarakat Kab Karawang yaitu Kesadaran pribadi.

Nanti juga akan ditampilkan data laka lantas dikab Karawang, sehingga masyarakat dapat mengetahui kondisi dinamika angka laka lantas dikarawang, hingga akhirnya dapat menigkatkan kewasapadaan diri masyarakat terhadap kecelakan lalu lintas.

Disampaikan Kapolres bahwa Kehati hatian tidak merugikan, namun kecerobohan bisa membuatmu kehilangan nyawa, kecelakaan dapat dicegah dengan kewaspadaan, ini sesuai dengan teks line yang tertulis dalam monumen keselamatan tersebut, dengan maksud agar menjadi nilai yang harus didengungkan oleh masyarakat kab karawang sehingga terhindar dari bencana.

Sementara itu Bupati Karawang, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Polres Karawang beserta semua pihak terkait yang membantu membangun monumen ini, semoga bisa mengurangi kecelakaan yang terjadi diperlintasan kereta api, tentu saja dengan kesadaran masyarakat sendiri.

About The Author