Jejak-kriminal.com

TIMIKA-Organisasi Papua Merdeka (OPM) tidak jera mengganggu keamanan dan kenyamanan warga Papua. Kali ini, giliran Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, tepatnya di Kampung Bazemba, yang ditekan dan diganggu keamanan serta kenyamanan hidupnya oleh OPM. Seorang tokoh OPM bernama Apeni Kobogau bersama anak buahnya yang bersenjata telah berulang kali mendatangi dan mengganggu rumah-rumah warga Bazemba pada akhir Mei 2024 yang lalu. Mulai dari bahan makanan, hak milik warga, dan uang, telah diminta secara paksa, bahkan tak segan aniaya warga, oleh Kelompok OPM pimpinan Apeni Kobogau.

Tidak tahan terhadap tekanan dan gangguan tersebut, warga melaporkannya kepada Aparat Keamanan setempat. Dengan aksi cepat, Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA langsung menerjunkan beberapa Tim Prajurit TNI yang berada di bawah komandonya, untuk segera menyelamatkan warga Distrik Sugapa yang sangat panik dan ketakutan akibat ulah OPM tersebut.

Melihat pergerakan prajurit TNI menuju Kampung Bazemba, kelompok OPM mencoba lakukan penghadangan, bahkan dengan tembakan senjata ke arah para prajurit TNI. Namun demikian, kelompok OPM bergerak mundur ke arah Kampung Wandoga, sambil terus berusaha menghadang Pasukan KOOPS HABEMA dengan tembakan.

Meski dihadang oleh tembakan OPM, Pasukan KOOPS HABEMA tidak tinggal diam dan terus melanjutkan pengejaran ke arah lokasi kelompok OPM berada. Saat tiba di dekat lokasi, Pasukan KOOPS HABEMA langsung disambut lagi dengan bunyi tembakan oleh OPM ke arah mereka. Merespon bunyi tembakan tersebut, Pasukan KOOPS HABEMA langsung melakukan tindakan taktis militer guna memastikan arah datangnya tembakan. Dari pantauan pasukan TNI, terlihat adanya 3 orang OPM yang membawa senjata beserta beberapa anggota OPM didekatnya. Menindaklanjuti hasil pantauan, maka Pasukan KOOPS HABEMA mengarahkan tembakan terbidik ke arah anggota OPM yang membawa senjata dan berhasil mengenai sasaran. Terlihat dari hasil pantauan, pasca penembakan tersebut, kelompok OPM kabur melarikan diri dan meninggalkan Kampung Wandoga, serta membawa pergi rekannya yang tertembak.

“Keberhasilan Operasi Penindakan KOOPS HABEMA terhadap Kelompok OPM pimpinan Apeni Kobogau di Kampung Bazemba dan Kampung Wandoga, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, merupakan upaya menciptakan keamanan wilayah yang akan mendukung proses percepatan pembangunan Papua,” ucap Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon pasca operasi dilancarkan.