LEBAK,– Kapolres Lebak AKBP. Suyono, S.I.K diwakili oleh Kasat Samapta Polres Lebak AKP Dedi Suhandi, S.H memimpin Pam dan pengawalan aksi dukungan moril dari Ormas Jarum Kabupaten Lebak ke KPU Kabupaten Lebak, Pada hari Senin tgl 26 Februari 2024 pukul 09.30 Wib di depan Kantor KPU Lebak.

Dukungan kegiatan aksi solidaritas moril dari Ormas Jarum Kabupaten Lebak ke KPU Lebak, dengan penanggung jawab aksi Plt Ketua Ormas Jarum Rusdiyanto dan Korlap Herman yang diikuti 50 perserta.

Point yang disampaikan dalam orasi Ormas Jarum Kabupaten Lebak ini antara lain memberikan :

Dukungan Moril untuk KPU Kabupaten Lebak
Hargailah TNI Polri
Hidup KPU
Kami Menghargai Kinerja KPU
Korlap aksi dukungan, Herman menyampaikan, “aspirasi orasi dukungan kami ingin menyampaikan bahwa kedatangan kami ke Kantor KPU Kabupaten Lebak tidak lain dan tidak bukan hanya bentuk solidaritas kami mewakili dari masyarakat Kabupaten Lebak, yang tergabung dalam organisasi Jaringan Relawan untuk masyarakat ( Jarum), kami di sini sangat prihatin sekali, makanya hati kami terpanggil dalam orasi ini kami hanya memberikan dukungan moril kepada pihak penyelenggara Pemilu di Kabupaten Lebak, karena dari awal sampai sekarang ini proses penghitungan masih berjalan di setiap Kecamatan yang memakan waktu sangat panjang, dan khususnya kepada para penyelenggara ditingkat bawah, KPPS, PPK kami sangat prihatin karena di luar sana banyak pihak-pihak yang memang tidak melihat fenomena yang terjadi di lapangan yang dialami oleh para penyelenggara, mereka hanya melihat dari sisi buruknya saja.

Kami juga mengapresiasi sekali kepada pihak keamanan khususnya TNI dan Kepolisian dari Polres Lebak yang sampai sekarang ini masih konsisten menjaga keamanan jalannya pesta demokrasi ini, kami di sini mewakili masyarakat Kabupaten Lebak ingin sekali memberikan dukungan secara moril karena ada yang jatuh sakit bahkan yang meninggal dunia, kami sangat prihatin, karena kami salah satunya organisasi yang mewakili masyarakat Kabupaten Lebak sangat khawatir melihat para penyelenggara di kalangan bawah khususnya di tingkat KPPS dan PPK yang mungkin masih ada yang sakit karena kelelahan.

Kami Ormas Jarum Kabupaten Lebak tidak bisa berbuat lebih, kami hanya bisa memberikan dukungan moril saja yang bisa kami sampaikan, sekali lagi kami di sini apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara khususnya KPU Lebak beserta jajaran juga kepada pihak pengamanan yang sampai sekarang masih konsisten dan mudah-mudahan kita do’akan para penyelenggara yang sekarang masih proses perhitungan dan pihak pengamanan yang sampai sekarang masih berdiri tegak mengamankan demi pelaksanaannya proses demokrasi ini,” kata Herman.

Selanjutnya Ormas Jarum melakukan yel-yel dukungan :

Hidup KPU
Hidup KPU
Hidup TNI Polri

Ormas Jarum kemudian diterima untuk audensi di Aula KPU yang diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Lebak Dewi Hartini yang menyampaikan Terima kasih kepada teman-teman dari Ormas Jarum yang telah datang dan silaturahmi ke kantor KPU Lebak.

Dewi Hartini mengatakan, “Bapak, Ibu sekalian tentunya kami atas nama Komisioner KPU Kabupaten Lebak, Sekretariat KPU Kabupaten Lebak mengucapkan terima kasih atas dukungan moril terhadap kami, terhadap tahapan yang tidak bisa dihentikan lajunya, yang harus diselesaikan berdasarkan timeline yang sudah ditetapkan di PKPU untuk penyelenggaraan Pemilu tahun 2024. Pemungutan perolehan hasil suara kami tetap menjunjung tinggi menyuguhkan Pemilu yang jujur adil dan bebas rahasia, demikian bapak, ibu sekalian. Jika ada yang disampaikan sebagai sharing pada pagi hari ini kami persilahkan. Hasil mitigasi kami dengan pemerintah daerah kami telah menyediakan layanan gratis baik di Puskesmas maupun di RSUD bagi teman-teman badan adhoc, Pada pelaksanaan tugasnya serta pasca melaksanakan tugas diberikan kemudahan serta digratiskan tidak ada pemungutan biaya. Itu sebagai langkah antisipatif kami dalam memitigasi secara awal dengan cara melakukan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga badan adhoc Pemilu 2024 ini ada trable ataupun kecelakaan sudah bisa aktivasi BPJS-nya dan ini tentunya berkat kerjasama semua,” ujar Dewi Hartini.

Ucapan terima kasih atas dukungan moril dari Ormas Jarum, kami juga mendo’akan semoga dari aparat keamanan yang dalam masalah pengamanan khususnya dari POLRI maupun TNI seluruh tenaga kesehatan, ada sekitar 30 orang penyelenggara yang Terminator mengalami sakit, imbuh Dewi Hartini.

img 20240226 wa0033 11zon
Selanjutnya A. Saefudin dan Herman (Perwakilan Ormas Jarum) menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU dan aparat keamanan dari TNI-Polri yang masih tetap tegak untuk menjalankan dan menjaga iklim demokrasi.

Kami Ormas Jarum dan mewakili masyarakat Kabupaten Lebak, bahwa kami dari Ormas Jarum semata-mata hanya ingin menyampaikan bentuk keprihatinan dan dukungan secara moril kepada KPU Sebagai penyelenggara Pemilu, kami di sini banyak melihat fenomena-fenomena di lapangan yang cukup banyak menghabiskan waktu dan melelahkan petugas-petugas KPPS baik di tingkat Desa maupun Kecamatan. Dan kami juga di sini memberikan dukungan moril dan support kepada KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum mudah-mudahan dalam proses penyelesaian dan adanya keputusan hasil selalu diberikan kesehatan baik kesehatan jasmani maupun rohani. Jadi apa yang kami sampaikan di sini dengan bentuk aksi solidaritas memberikan dukungan dan support kepada KPU sebagai bentuk keprihatinan kami dari orang-orang yang melihat dan menilai dari sisi-sisi yang tidak baik ataupun tidak bagus, tapi kami sebagai organisasi maupun masyarakat lebih kepada mensupport mendukung tugas dan kinerja KPU.

Dan KPU Sebagai penyelenggara memberikan pintu untuk memberikan apresiasi pilihan-pilihan melalui KPU sebagai penyelenggara, jadi itu saja apa yang kami sampaikan pada hari ini dan kami sebagai organisasi Ormas Jarum mendukung dan mensupport kinerja KPU Lebak sepenuhnya, ucap A. Saefudin.

Kegiatan aksi solidaritas selesai pukul 10.20 Wib berjalan aman dan lancar, ujar Kasat Samapta Polres Lebak AKP. Dedi Suhandi, S.H.